Argonex Kukuhkan 52 Anggota Baru Bengkel Sastra Nuhu Evav

Para anggota baru Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) seusai pengukuhan. (foto Aisyah Rahayaan)

Laporan Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) di Tanah Kei kebanjiran anggota baru. Tercatat sebanyak 52 orang muda mengikuti masa penerimaan dan dikukuhkan sebagai anggota baru di Taman Kota Tual, Sabtu (18/12).

Pengukuhan anggota baru dilakukan oleh Saniri BSNE Argonex. Argonex membacakan naskah pengukuhan diikuti seluruh peserta.

“Sambil memohon rahmat Tuhan Yang Maha Esa dan doa restu para leluhur Evav di semua woma, kami orang-orang muda yang berkumpul di Taman Kota Tual dengan mengusung spirit ain ni ain, fau fo banglu vatu ne foeng fo kut ain mehe, kami menyatakan berhimpun dalam satu wadah kreatif bernama Bengkel Sastra Nuhu Evav demi memuliakan manusia dan kebudayaan Nuhu Evav,” demikian pernyataan pengukuhan anggota baru sebagaimana dibacakan Argonex, diikuti para anggota baru.

Penerimaan anggota diawali dengan perkenalan dengan para pendiri BSNE, pembekalan berupa materi sastra modern dan sastra lisan Evav. Saniri BSNE Argonex memperkenalkan sastra modern dan segi-segi kreatif yang bisa dimasuki. Sedangkan, Petter Letsoin memperkenalkan sastra Evav.

Aisyah Rahayaan dari BSNE menjelaskan, sebenarnya masih banyak lagi orang muda yang berminat dan sudah mendaftar ke BSNE, namun mereka tidak bisa hadir sebab pada waktu bersamaan terdapat aktivitas belajar di sekolah dan penerimaan laporan pendidikan.

Saniri BSNE Falantino Eryk Latupapua di Ambon mengapresiasi kehadiran anggota baru BSNE tersebut. Kepada Media Berita Maluku Post, malam ini, Latupapua menyatakan orang-orang muda yang menyukai sastra sejak dini akan dilatih untuk menajamkan rasa dan menumbuhkan daya kritis tanpa harus menjadi brutal.

“Teman-teman sudah memilih jalan yang baik untuk merayakan kemerdekaan pikiran. Semoga sukses untuk BSNE!” Demikian Latupapua. (Malukupost.com)

Pos terkait