BSNE Masuk Sekolah, Diharap Majukan Sastra Pelajar Evav

  • Whatsapp
Penyair Evav Nadra Renguwur dari BSNE ketika menyampaikan materi sosialisasi BSNE di SMA Negeri 5 Kota Tual, JUmat (10/12). (foto hani nuhuyanan)
Penyair Evav Nadra Renguwur dari BSNE ketika menyampaikan materi sosialisasi BSNE di SMA Negeri 5 Kota Tual, JUmat (10/12). (foto hani nuhuyanan)

Laporan: Rudi Fofid-Ambon

Malukupost.com – Tiga kepala SMA di Tual dan Maluku Tenggara menyambut kehadiran Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) di sekolah mereka. Mereka berharap, bengkel sastra ikut membantu memajukan siswa dalam hal kesusastraan. Demikian simpulan hasil kunjungan sejumlah pengurus BSNE ke tiga SMA di Tanah Evav, Jumat (10/12).

Pengurus BSNE yang melakukan kunjungan di tiga SMA adalah Hani Nuhuyanan, Aisyah Rahayaan,
Nadra Rengiwur, Gustavo Ngutra Hurulean, Luis Lefitar, dan Vincensia Maturan. Sekolah yang dikunjungi adalah SMA Negeri 1 Tual, SMA Negeri 5 Tual, dan SMA Sanata Karya Langgur, Maluku Tenggara.

Di SMA Negeri 5 Tual, BSNE langsung melakukan sosialisasi kepada para siswa. Ternyata para siswa antusias. Sebanyak 53 siswa langsung mendaftar untuk ikut dalam pembinaan sekaligus menjadi anggota BSNE.

Kepala SMA 5 Sam Kuriake menyatakan sangat gembira dengan kehadiran pengurus BSNE. Ia mengajak BSNE bermitra agar bisa terus bersinergi bersama para pelajar.

Kepala SMA Negeri 1 Tual Hata Tukloy dan Kepala SMA Sanata Karya Langgur Pastor Antonius Lopez Sirken secara terpisah juga sama-sama bergembira dengan kehadiran.

“Saya sangat mendukung kehadiran BSNE, dan berharap BSNE bisa menjadi wadah belajar dan berekspresi khususnya tentang sastra Evav,” kata Tukloy.

Kepala SMA Sanata Karya Pastor Antonius Lopez Sirken menyebutkan, sastra harus dipertahankan dan dilestarikan. Niat BSNE melibatkan para pelajar, dinilainya sebagai langkah tepat.

“BSNE harus tetap hidup selamanya dengan cara mencintai sastra dengan sungguh-sungguh,” ucap Pastor Sirken.

Dengan dukungan para kepala SMA, menurut rencana, BSNE akan kembali ke SMA Negeri 1 Tual dan SMA Sanata Karya Langgur untuk bertemu para pelajar di kedua sekolah.

“Dari SMA 5 sudah terdaftar 53 pelajar, semoga di kedua sekolah lain akan semakin bertambah,” kata Aisyah Rahayaan dari BSNE kepada Maluku Post, tadi malam. (Malukupost)

Pos terkait