Gelar Bimtek Perpustakaan dan Kearsipan ini Pesan Walkot Tual

1639411946503

Tual, Malukupost.com – Walikota (Walkot) Tual mengatakan, di era globalisasi yang diimbangi pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, sangat berdampak pada beberapa bidang khususnya, dunia pendidikan.

Hal tersebut disampaikan melalui Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tual, M. Renwarin, saat menyampaikan sambutan Walikota Tual Adam Rahayaan. Pada acara pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek), Pembinaan Perpustakaan dan Kearsipan pada satuan Pendidikan Dasar se-Kota Tual sesuai Standar Nasional, Sabtu, (11/12/2021).

“ baik atau tidaknya kualitas pendidikan dapat dilatarbelakangangi oleh sarana pendidikan yang menunjang, misalnya perpustakaan sekolah, “ kata Renwarin.

“ jadi perpustakaan sekolah dapat dijadikan sebagai sumber informasi guru maupun siswa melalui kegiatan membaca, “ kata Renwarin lagi.

Menurutnya, minat, dan gemar membaca di kalangan generasi muda di Kota Tual, perlahan – lahan mulai memudar.

Lanjutnya, melalui perpustakaan di sekolah dapat digunakan sebagai sarana dan prasarana penunjang proses belajar-mengajar, pada sekolah setempat.

“Budaya membaca di masyarakat kita belum dijadikan sebagai sebuah kebutuhan dasar, “ ujar Rahawarin.

Walkot berharap, melalui bimbingan tersebut, semua pihak dapat menggalakkan minat baca di kalangan generasi muda didaerah setempat.

“Olehnya itu melalui kegiatan pembinaan perpustakaan pada satuan pendidikan dasar sesuai standar perpustakaan Nasional,

Dapat menjadi destinasi utama bagi generasi muda, dalam menumbuhkan minat baca dan budaya baca,” pungkasnya.

Untuk sekedar diketahui kegiatan tersebut, menghadirkan dua Narasumber dari Perpustakaan Republik Indonesia (RI).

Sehingga Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tual, telah menjalin kerja sama dengan Perpustakaan RI dan ANRI Jakarta.

Sesuai jadwal, kegiatan akan berlangsung pada senin, (13/12/2021 ), yang dilaksanakan secara virtual dengan para peserta dan OPD setempat, melalui Zoom meeting.

 

Pos terkait