Tiga Desa Sejahtera Astra Di Tanimbar Diajari Pembuatan Salad Rumput Laut

Saumlaki, MalukuPost.com – Perwakilan masyarakat tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) di kabupaten Kepulauan Tanimbar diajari teknik pengelolaan salad dari bahan dasar rumput laut atau Seaweed Salad Processing Training oleh Ocean Fresh.

Yaya, Community Development Officer dari Ocean Fresh menyatakan, tiga desa tersebut masing-masing : desa Ritabel, Ridool dan Lelingluan di kecamatan Tanimbar Utara.

Training ini masuk dalam rangkaian kegiatan pada program DSA. Total ada enam desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang masuk pada program DSA yaitu: Ritabel, Ridool, Lelingliuan, Keliober, Lamdesar Barat, dan Awear Rumngevur,” ujarnya di Rumngeur, Senin (28/2/2022).

Dijelaskan Yaya, dilakukanya training pada tiga dari enam desa binaan Astra terlebih dahulu karena kondisi yang masih pandemi, sehingga tidak diizinkan berkerumun terlalu banyak. Tiga desa binaan lainnya yaitu Keliober, Lamdesar Barat, dan juga Awear Rumngevur akan dilaksanakan training secara bertahap pada periode selanjutnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari ibu-ibu masing-masing DSA. Jumlah yang mengikuti sebanyak 12 hingga 20 orang yang berasal dari ibu PKK dan ibu pembudidaya rumput laut. Peserta dilatih untuk terampil membuat salad rumput laut,” ungkapnya.

Yaya mengatakan, program DSA itu melibatkan banyak sekali stakeholder dalam proses kerjasamanya, antara lain Kemendes PDTT, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, PT. Astra international Tbk, dan juga Ocean Fresh selaku implementator di lapangan.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini kedepan mampu menjadi pionir di desanya, untuk membantu peningkatan pendapatan keluarga yang tentunya bisa ikut meningkatkan pendapatan desa,” pungkasnya.

Kepala desa Ritabel, Andi Ratsina yang membuka kegiatan itu mengapresiasi program ini. Dia berharap, semoga melalui kegiatan ini bisa menjadi peningkatan pendapatan perkapita rumah tangga yang bisa berefek ke pendapatan daerah.

Selain Pemerintah desa, kegiatan tersebut turut disaksikan oleh perwakilan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kepulauan Tanimbar,

Sebelumnya, PT. Astra Internasional Tbk menetapkan enam desa di Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai Desa Sejahtera Astra (DSA) di Provinsi Maluku, yang diarahkan untuk pengembangan kewirausahaan di potensi budidaya rumput laut.

Enam desa tersebut adalah Lelengluan, Ridol, Ritabel, Kelaan dan Lemdesar Barat di kecamatan Tanimbar Utara, serta Desa Awear Rumngeur di Kecamatan Wuarlabobar.

Bupati setempat, Petrus Fatlolon telah menandatangani perjanjian kerja bersama antara Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Kemendes PDTT, Pemda Kepulauan Tanimbar dan PT. Astra Internasional TBK tentang program DSA tahun 2021 pada 22 Juli 2021 secara daring.

Pemerintah daerah menyebutkan, kegiatan ini bertujuan mengoptimalkan potensi lokal yang menjadi produk unggulan desa dan memberikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat desa.

Astra mempercayakan Ocean Fresh untuk melakukan pendampingan dan pelatihan kepada enam desa sasaran. Programnya berupa penguatan lembaga kewirausahan desa, yaitu BUMDes, dan pengembangan produk unggulan desa yakni rumput raut.

Selain itu, mereka akan difasilitasi akses permodalan dan pemasaran rumput laut, serta pengembangan inovasi tepat guna.

Pos terkait