Lima Kontingen Pesparani Katolik Provinsi Maluku Tiba Di Kota Tual

Penyambutan kontingen Pesparani Katolik ke-IV Tingkat Provinsi Maluku di Kota Tual. (foto: geraLd)

Tual, MalukuPost.com – Pembukaan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik IV Provinsi Maluku Tahun 2022 tersisa empat hari lagi akan digelar.

Iven dua tahunan tersebut akan dihelat di Kota Tual selaku tuan rumah selama sepekan (24-30 September 2022).

Sejumlah kontingen Pesparani Katolik dari 10 kabupaten/kota lainnya mulai berdatangan di kota yang bertajuk Bumi Maren tersebut.

Terakhir, lima kontingen yakni kabupaten Buru Selatan, Buru, Seram Bagian Barat, Maluku Tengah dan Kota Ambon tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Tual, Selasa (20/9/2022) malam.

Kedatangan para peserta lomba Pesparani dari lima kabupaten/kota tersebut disambut Ketua Panitia penyelenggara yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tual Yani Renuat didampingi Pastor Paroki Tual RD Jack Renyaan.

Diawali dengan ritual adat (rinin) setempat oleh tokoh adat Kei setempat, kelima kontingen tersebut disambut secara meriah oleh warga Kota Tual yang memenuhi lokasi pelabuhan Yos Sudarso.

Sejumlah tarian pun ditampilkan untuk menyambut para peserta.

Warga Kota Tual yang terdiri umat Islam dan Protestan melebur menjadi satu keluarga yang utuh dalam menyambut saudara-saudara mereka Katolik yang akan menetap di Bumi Maren selama sepekan.

Sejumlah kontingen dari kabupaten lainnya dijadwalkan akan tiba hari Rabu (21/9) di Kota Tual.

Informasi yang dihimpun MalukuPost.com, openning ceremony Pesparani Katolik IV Provinsi Maluku yang digelar pada Minggu (25/9) di Lapangan Lodar El Tual tersebut akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku Irjen Pol (Purn) Murad Ismail.

Pos terkait