RSUP Leimena Terima Visitasi Program Studi FKUI

Ambon, MalukuPost.com – RSUP. Johannes Leimena Ambon, terima kunjungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) program studi Urologi.

Hal ini disampaikan, Direktur Utama RSUP Dr. Johannes Leimena Ambon drg Saraswati MPH, di Ambon, Senin (31/10/2022).

Tujuan dari kunjungan ini yakni untuk menyiapkan agar di Provinsi Maluku, tim untuk menangani permasalahan Urologi lebih di perbanyak.

“Iya jadi, kedatangan Profesor Ponco beserta asistenya kesini yakni untuk dapat menangani berbagai persoalan mengenai Urologi di Maluku,”Katanya.

Menurut dia, bahwa Pihaknya tengah melakukan upaya pengembangan untuk nantinya dapat menghadirkan prodi yang sejalan dengan kebutuhan masyarakat.

“Prodi ini sangat dibutuhkan untuk menghadirkan para lulusan berkualitas dan bisa berkontribusi dalam upaya peningkatan kesehatan masyarakat. Tentu kita harapkan prodi ini bisa mendapatkan persetujuan dan bisa segera hadir untuk memberikan pelayanan di bidang akademik di Provinsi Mauku,”jelasnya.

Pasalnya, dokter yang menangani jenis penyakit Urologi baru hanya satu dokter di Maluku, sementara kebutuhanya terus meningkat.

“Jadi tujuannya juga untuk perbanyak dokter spesialis yang menangani Urologi ini, jadi kalau dokternya lebih banyak otomatis lebih optimal,”terangnya.

Selain melakukan kunjungan terkait Urologi, juga untuk melihat bagaimana sarana prasana kesehatan disini.

“Jadi selain sarana prasarananya, juga bagaimana proyeksi pendidikan calon dokter spesialis Urologi itu sendiri,dan akan tetap di kawal oleh FKUI dan jejearing lainya,”imbuhnya.

Program ini, lanjut dia tidak terlepas dari jumlah SDM, atau lebih pada peningkatan sumber daya manusianya.

Dirinya berharap, dari adanya program dari Kementrian kesehatan maka diharapkan dari putra putri daerah semoga ada yang berminat menjadi Dokter spesialis Urologi.

Sementara itu, diwaktu yang sama, Profesor Ponco selalu Ketua Program Studi Urologi FKUI jakarta, menerangkan bahwa, urologi adalah spesialis yang mempelajari ilmu tentang sistem saluran kemih (urologi).

“jadi ilmu urologi adalah bidang kedokteran yang fokus pada diagnosis dan pengobatan penyakit saluran kemih, baik pria maupun wanita,”ucapnya.

Selain itu, tambah Ponco bahwa Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, juga tengah melakukan kerjasama pendidikan program studi Urologi dengan RSUP Leimena.

Untuk diketahui, bahwa dokter spesialis urologi sudah ada sejak tahun 2021 lalu, tetapi baru di aktifkan pihak RS pada tahun 2022 ini.

Pos terkait