Pelaku Pencurian HP Gunakan Modus Meminjam Untuk Menelpon Temannya Di Ambon Ditangkap

Ambon, MalukuPost.com – Kepolisian Resor (Polres) Pulau Ambon Pulau-pulau Lease berhasil menangkap pelaku pencurian handphone (HP) di tiga lokasi berbeda di Kota Ambon, yaitu Terminal Mardika, Terminal Transit Passo dan SMA Negeri 14.

Penangkapan pelaku P. Y. S (40) yang juga merupakan residivis sekitar November 2020 dalam tindak pidana penggelapan terhadap dua korban di pasar Mardika dipimpin Kanit Buser Polresta Pulau Ambon Pulau-pulau Lease, Ipda S Taberima.

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon Pp Lease, Ipda Moyo Utomo menyatakan, salah satu modus yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksi pencurian dengan berpura-berpura memijam Handphone milik korban untuk menelepon.

“Peristiwa ini terjadi 27 Agustus lalu, bermula saat J. N (korban) sedang mengendarai sepeda motornya, kemudian dihentikan oleh tersangka di depan BTN Kanawa dan menanyakan jasa ojek,” ujarnya di Ambon, Senin (31/10/2022).

Dijelaskan Moyo, Korban pun menerima tawaran pelaku, kemudian mengantarkan pelaku sampai ke Terminal Transit Passo, sesampainya dekat terminal Bus Masohi – Ambon, tersangka meminjam HP milik pelapor, lalu saat tersangka sedang menelepon, menyuruh korban untuk memarkirkan kendaraan milik korban dekat pasar transit dan berjanji akan menyusul.

“Setelah menunggu lama pelaku diparkiran, pelapor kemudian mencari pelaku di tempat tadi diturunkan. Namun setelah mencari-cari dan menanyakan kepada pengunjung terminal lainnya pelaku sama sekali tidak diketahui keberadaannya,” ungkapnya.

Menurut Moyo, akibat perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian satu unit HP jenis Xiaomi 5A. Sementara itu Modus berbeda juga digunakan pelaku, didalam mobil angkutan kota (angkot).

“Aksi pencurian ini terjadi Agustus 2022 di seputaran terminal Mardika. Aksi pencurian ini bermula saat F. K (korban) menaiki angkot tujuan pasar Mardika. Pelaku mengambil HP milik pelapor yang berada di dalam saku celana pelapor saat berada di dalam angkot,”bebernya.

Moyo menambahkan, korban tersadar mengetahui HP-nya diambil pelaku saat korban hendak membayar angkot. Akibat perbuatan pelaku, korban mengalami kerugian satu unit HP merk Redmi warna hitam.

“Pelaku juga diketahui melakukan aksi pencurian 11 Oktober di SMA 14 Passo. Dimana S. L (korban) sedang mengawasi muridnya kerja bakti. Pelaku saat ini telah diamankan di rutan Polresta Pp Ambon untuk untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” katanya.

Pos terkait