Sadali Ie Resmi Jabat Sekda Maluku Defenitif

Ambon, MalukuPost.com – Sadali Ie resmi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, setelah dilantik secara langsung oleh Gubernur Murad Ismail di Ambon, senin (19/12/2022), berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden Joko. Widodo nomor 146/TPA /2022 tanggal 1 Desember 2022.

Gubernur Murad Ismail dalam sambutannya menekankan dua point penting dalam pelaksaan tugas dan tanggungjawab Sekda yakni pertama adalah tiga tugas utama seorang Sekda sesuai undang-undang nomor 23 tahun 2014, yaitu membantu kepala daerah dalam menyusun kebijakan, koordinasi pelaksanaan tugas perangkat daerah dan pelayanan administrasi.

“Dalam semangat kemitraan, Sekda harus membangun relasi kerja yang sinergis dan harmonis dengan Pimpinan dan anggota DPRD provinsi Maluku untuk komunikasi ke dalam dan keluar secara efektif dengan pemerintah pusat antara provinsi, kabupaten/kota dan stakholder lainnya,” katanya.

“Kedua yakni tantangan kerja bersama secara nasional adalah menghadapi ancaman krisis Global di bidang ekonomi industri pangan, dan kesehatan,” katanya lagi.

Gubernur Murad juga meminta Sekda yang baru dilantik untuk melakukan koordinasi secara efektif dengan seluruh perangkat daerah. Bekerja ekstra, kreatif dan inovatif guna menjaga stabilitas ekonomi daerah, terutama dalam menghadapi pelayanan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Capaian indikator penelitian seperti pertumbuhan ekonomi triwulan ketiga Tahun 2022 sebesar 6,01%, tingkat kemiskinan turun signifikan menjadi 18,97%, pengangguran terbuka turun menjadi 6,88%, dan angka indeks pembangunan manusia berada pada 70,22 point, dan menempatkan Maluku berada ke kategori tinggi setelah 12 tahun berada di kategori sedang. Semua itu harus kita pertahankan maka ditingkatkan menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Gubernur Murad menambahkan, terkait kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang tetap terpelihara dengan baik, dirinya meminta Sekda Sadali agar terus membangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi dengan jajaran keamanan TNI dan Polri.

“Saya mengajak semua pihak rekan-rekan forkopindah Pimpinan dan anggota bupati Bupati walikota dan jajaran seluruh staf pemerintah provinsi instansi pusat dan daerah BUMD BUMN partai politik perbankan dan tokoh agama serta seluruh organisasi masyarakat untuk bekerja sama dalam mendukung serta menunjang tugas-tugas Sekda,”pintanya.

Pos terkait