Eva Eliya Hanubun Kukuhkan Bunda PAUD Ohoi Langgur

Langgur, MalukuPost.com – Bunda PAUD Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Eva Eliya Hanubun, mengukuhkan dr. Evita Goretti Simarmata Dumatubun sebagai Bunda PAUD Ohoi (desa) Langgur, Kecamatan Kei Kecil Kabupaten Malra.

Pengukuhan Bunda PAUD sekaligus Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Ohoi Langgur tersebut dipusatkan di Balai Ohoi setempat, Rabu (11/1/2023).

Eva Hanubun dalam sambutannya mengungkapkan, pelantikan dan pengukuhan dimaksud dalam rangka memberikan penguatan terhadap kelembagaan TP PKK Kecamatan Kei Kecil dan Ohoi Langgur, serta penguatan terhadap struktur organisasi Bunda-Bunda PAUD.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lanjut Eva Hanubun, merupakan pendidikan yang sangat mendasar dalam pembangunan sumber daya manusia yang bermutu sekaligus merupakan tahapan yang sangat strategis karena berkaitan dengan pengembangan karakter anak usia dini yang merupakan modal dasar dari generasi emas kita.

Untuk itu, Bunda-Bunda PAUD seluruh ohoi diharapkan mampu berkolaborasi dengan instansi terkait dan pemerintah ohoi dalam meningkatkan akses pelayanan PAUD di
ohoi, mendorong peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan, mendorong peningkatan konsumsi makanan sehat, bergizi, dan berkualitas bagi anak usia dini, serta mendorong terciptanya PAUD Holistik Integratif yang mencakup perawatan, pengasuhan, kesehatan gizi, pendidikan, perlindungan, dan kesejahteraan anak usia dini.

Untuk diketahui, Selain dikuhkan sebagai Bunda PAUD, dr. Evita juga dilantik sebagai Ketua TP PKK Ohoi setempat.

Pelantikan Ketua TP PKK Ohoi Langgur dilaksanakan sehubungan dengan terjadinya pelantikan Kepala Ohoi setempat beberapa waktu yang lalu, yang merupakan suatu dinamika organisasi dalam kerangka optimalisasi tugas dan fungsi TP PKK yang harus didudukkan secara proforsional.

Hal tersebut menurut Eva Hanubun, agar tugas dan fungsi TP PKK secara berjenjang akan tertata dengan baik, dan dengan demikian organisasinya akan berjalan secara efektif sesuai struktur dan komposisinya.

“Saya sering mengingatkan Ibu-Ibu bahwa TP PKK secara berjenjang adalah mitra pemerintah. Untuk itu kita dituntut untuk memiliki komitmen dan tanggung jawab yang akan memotivasi kita untuk terus bekerja guna membawa perubahan yang signifikan di wilayah kerja masing-masing sehingga kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan secara bersama-sama,” jelasnya.

Eva Hanubun mengingatkan, salah satu tugas yang sangat penting yang kadang diabaikan adalah tanggung jawab kita untuk melaporkan hasil kegiatan di tahun yang sudah diakhiri.

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam PKK, laporan tahunan secara berjenjang sudah harus kita sampaikan pada akhir Desember tahun berjalan, dan untuk TP PKK Ohoi disampaikan kepada Ketua TP PKK Kecamatan dan Kepala Ohoi

Selanjutnya, Kecamatan akan menyampaikan laporan tahunannya kepada Ketua TP PKK Kabupaten dan Camat, dan seterusnya.

“Disamping menyelasaikan tugas pelaporan tadi, kita sudah harus siapkan juga Program Kerja untuk Tahun 2023,” ujarnya.

Pada kesempatan itu pual, Eva Hanubun menyerahkan bantuan bibit untuk kelompok-kelompok dasawisma yang ada di Ohoi Langgur.

Pemberian bantuan bibit tersebut untuk menindaklanjuti salah satu program strategi TP PKK dalam rangka penguatan ekonomi melalui optimalisasi kelompok-kelompok Dasawisma, teristimewa melalui pemanfaatan tanah-tanah pekarangan dan pembuatan kebun-kebun Dasawisma.

Pos terkait