Ruslan Makatita Resmi Jadi Penjabat Sekda Bursel

IMG 20231223 203458 jpg

Ambon, MalukuPost.com – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Ruslan Makatita resmi menjadi penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru Selatan, setelah dilantik dan diambil sumpah jabatan oleh Bupati Bursel Sifitri Malik Soulisa.

Pelantikan yang berlangsung di aula lantai dua kantor Bupati, Jumat (22/12/2023), merujuk pada SK Bupati  Nomor 130/160 Tahun 2023 tentang Pengangkatan Pegawai Negeri Spil Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Penjabat Sekda Bursel.

Bupati dalam sambutannya mengatakan sesuai regulasi yang berlaku, pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama dalam hal ini Penjabat Sekda, harus  dilaksanakan tes kompetensi dikalangan ASN.

Hal ini dilakukan dalam rangka memenuhi kompetensi, kualifikasi, kepangkatan, pendidikan dan latihan, rekam jejak jabatan, Integritas serta persyaratan lain yang dibutuhkan untuk menduduki jabatan dimaksud.

“Berkat kerjasama BKPSDM Bursel dan BKD Provinsi Maluku akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan kepada kita semua, yang pada hari ini di Kabupaten Buru Selatan memiliki Pj Sekda. Atas nama pribadi dan pemerintah daerah saya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada tim seleksi  yakni Sekda Provinsi, Inspektur dan Kepala BKD Provinsi yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik, tuturnya.

Menurutnya, lewat momentum pelantikan tersebut,  akan semakin membangun motivasi dan gairah dari  Penjabat Sekda, sebagai aparatur yang penuh gagasan, dedikasi, kreatif, inovasi, tentunya segenap jajaran pemerintahan harus memberi dukungan  sehingga tugas dan amanah organisasi dapat berjalan dengan baik.

Apalagi sambung Bupati perempuan pertama di Maluku itu,  tantangan ke depan sangatlah dinamis dan penuh kompetisi sehingga pemerintah saat ini diperhadapkan pada dinamika globalisasi yang terus tumbuh dengan pesat.

“Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi ruang yang tak terbatas dan menyentuh sendi kehidupan bermasyarakat, olehnya itu fungsi pemerintahan sebagai fungsi pelayanan, pembangunan dan pemberdayaan harus mampu diemban dengan baik dan mengikuti dinamika yang terus berkembang tersebut,”ingatnya.

Ditegaskan seluruh kebijakan harus bermuara kepada tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Ia berharap Penjabat Sekda dapat memfokuskan tenaga, perhatian serta pikiran agar proses penataan,  dan produktivitas kinerja sesuai dengan tupoksi, guna mendukung upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Kita harus melayani bukan dilayani mari kita ubah mindset primodial menjadi pola pikir yang modern dan berkemajuan, untuk itu sudah saatnya kita semua untuk memacu diri terus, mengasah kemampuan dan kapasitas agar mampu berdaya saing dalam gerak pemerintahan yang harus bergerak cepat,”pungkas Safitri yang juga mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku.

Sekedar diketahui pelantikan Pj Sekda dihadiri Wakil Bupati Gerson Selsily, Forkopimda serta ikut disaksikan Kepala OPD lingkup Pemkab Bursel.

Pos terkait