Bodewin Tegaskan Sinergi Tentukan Kesuksesan Pemilu 2024 di Kota Ambon

IMG 20240207 111452 jpg

Ambon, MalukuPost.com, – Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Wattimena menegaskan, suksesnya pemilu 2024 di Kota Ambon tidak hanya tergantung pada integritas penyelenggara dan peserta pemilu saja, tetapi juga memerlukan dukungan dari seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat, media dan lembaga pemantau. Sinergi dan kerjasama antar semua pihak sangat penting untuk memastikan pemilu berjalan baik dan adil.

“Suksesnya pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara dan peserta pemilu saja, namun harus didukung seluruh pemangku kepentingan demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan. Hal yang wajib dilakukan untuk kepentingan negara, daerah Maluku dan Kota Ambon kedepan,” tegasnya saat memberikan arahan dalam Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Pemilu 2024, di Lapangan Merdeka, 7 Februari 2024.

Sekwan DPRD Provinsi Maluku itu juga menyebutkan, selain sinergitas, menjaga keamanan dan ketertiban di Tempat Pemungutan Suara (TPS) selama pemilu juga sangat penting dan menjadi tanggung jawab bersama. Persiapan yang matang termasuk memperhatikan semua aturan perundang-undangan yang berlaku adalah langkah penting untuk memastikan kelancaran dan keamanan proses pemungutan suara.

“Seluruh masyarakat dan komponen penyelenggara serta pendukung suksesnya pemilu, baik itu KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), serta Bawaslu, Panitia Pengawas Kecamatan (PPK), Panitia Pengawas Kelurahan/Desa, Negeri dan Petugas Pengawas TPS, dituntut untuk taat dan patuh pada berbagai ketentuan yang berlaku,” pungkas Bodewin.

Menurutnya, seluruh ASN, TNI/Polri termasuk petugas ketertiban TPS atau satuan linmas, wajib menunjukkan kinerja yang objektif dan transparan serta menjaga netralitas dan memastikan masyarakat yang memiliki hak pilih dapat memberikan hak pilihnya secara bebas, rahasia dan adil.

“Kita semua yang hadir disini memiliki tanggung jawab langsung terhadap pengamanan jalannya pemilu, khususnya di wilayah Kota Ambon,” tutur Bodewin.

Meski begitu, Bodewin kembali mengingatkan, bila terjadi kerawanan atau hambatan yang berpotensi mengganggu situasi kamtibmas di TPS, langkah-langkah tegas harus diambil dengan koordinasi sesuai prosedur. Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya gangguan terhadap kamtibmas serta memastikan kelancaran proses pemilu.

“Akan diserahkan perlengkapan untuk membekali bapak-ibu dalam pengamanan TPS,” katanya mengingatkan.

Ia berharap, TNI/Polri dan pemerintah daerah dapat membantu seluruh petugas pengamanan di TPS. Kerjasama antara institusi keamanan dan pemerintah daerah dapat meningkatkan efektivitas pengamanan di TPS dan memastikan kelancaran pelaksanaan pemilu serta keamanan masyarakat secara umum. Dengan dukungan yang kuat dari semua pihak terkait, diharapkan pengamanan di TPS dapat berlangsung dengan baik dan aman.

“Oleh sebab itu, saya menghimbau untuk dapat melakukan tugas dengan baik dan jujur. Ingatlah, tugas ini menentukan nasib bangsa Indonesia, Provinsi Maluku dan Kota Ambon,” harap Bodewin.

Pos terkait