PDI-P Maluku Gelar Konfercab dan Konferda

  • Whatsapp
Ambon, malukupost.com- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Maluku melaksanakan Konferensi cabang (Konfercab) IV Wilayah I Maluku yang diikuti 6 Dewan Pimpinan Cabang (DPC), sekaligus melakukan agenda Konferensi Daerah (Konferda) IV Daerah Maluku di Baileo Siwalima, Karang Panjang, Ambon (14/3).

Konfercab dan Konferda dibuka secara resmi oleh Gubernur Maluku didampingi Koordinator Wilayah (Korwil) Timur Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, Komarudin Watubun, dan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPP) PDIP Maluku, Karel Alberth Ralahalu 

Komarudin dalam arahannya saat pembukaan konfercab dan konferda, mengatakan Konfercab dan konferda  adalah agenda rutin PDIP yang dilakukan lima tahun sekali. Dan merupakan  kesempatan untuk mengevaluasi kepengurusan di tingkat cabang selama lima tahun dan memutuskan untuk memilih kepengurusan yang baru, sehingga harus memilih ketua yang ideologis, karena seluruh proses Konfercab dan Konferda akan dilakukan secara musyawarah mufakat dan tidak ada voting.

“ Kewajiban kita tidak saja gunakan ideologi sebagai simbol, tapi mendarat di bumi dan lebih penting mendarat di rakyat. Konfercab dan konferda  kali ini berbeda dengan sebelumnya karena PDIP saat ini adalah pemegang kekuasaan negara. Sehingga harus melahirkan pemimpin yang cermat dan berkredibilitas,” tegas Komarudin.

Dijelaskan Komarudin, mekanisme penjaringan bakal calon ketua  DPD, sama persis dengan mekanisme penjaringan calon ketua DPC, yakni dengan pola musyawarah untuk mufakat.  Menurutnya, Konfercab dan konferda  yang dilakukan sekarang merupakan bagian dari perjalanan menuju Kongres DPP PDI-P untuk menentukan Ketua Umum pada bulan Juli mendatang di Bali.

 “Konfercab dan Konferda akan menentukan masa depan partai, sehingga kita harus memilih pemimpin yang ideologis dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat. PDI-P adalah bagian dari pemerintah dan pemerintah adalah bagian dari PDIP, sehingga  tidak hanya untuk yang terpilih sebagai ketua baik DPC dan DPD tetapi bagi seluruh kader partai  penting untuk menunjang seluruh program pemerintah,” jelasnya.(08)

Pos terkait