Sumber Mata Air Berkurang, PDAM koordinasi dengan Komisi II

  • Whatsapp
Ambon, malukupost.com – Sumber mata air yang merupakan titik suplai air minum di Kota Ambon sangat kurang sehingga diprediksi dalam 10 tahun mendatang, Kota Ambon bakal mengalami krisis air bersih, hal ini terungkap dalam pertemuan Pihak Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Ambon dan Dream Sucess Aerindo (DSA) Kota Ambon dengan Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ambon, Kamis (26/3).

Direktur Perusahaan Daerah air Minum dan Dream Sucsess Aerindo (PDAM dan DSA) Kota Ambon, Alfonsus Tetelepta mengatakan, banyak wilayah di Kota Ambon belum mendapatkan suplai air minum karena sumber mata air tidak tercukupi.

“ Untuk kota Ambon, masih banyak wilayah yang belum mendapatkan suplai air minum dengan baik. karena sumber mata air tidak tercukupi, dengan demikian penyaluran air minum ke masyarakat belum terpenuhi sepenuhnya”ungkap Tetelepta .

Menyikapi persoalan tersebut, ketua Komisi II DPRD Kota Ambon, Jusuf Lattumeten mengatakan komisi II akan memberikan dukungan politik kepada PDAM dan DSA demi kepentingan masyarakat.

“Komisi II akan membantu kendala yang dihadapi PDAM terkait masalah sumber mata air, karena ada beberapa titik suplai air di Kota Ambon yang menjadi kebutuhan masyarakat, sehingga PDAM belum dapat melakukan yang terbaik.“ jelasnya

Dijelaskan pula, komisi II akan melakukan pertemuan dengan pemerintah negeri dan masyarakat adat yang memiliki lahan dimana terdapat sumber mata air. Sehingga  kebutuhan mendasar bagi masyarakat kota Ambon, dapat terealisasi dengan bantuan PDAM.

“Prediksi 10 tahun kedepan kota Ambon dalam keadaan krisis air bersih. Sehingga  Kita  harus menjaga benar agar tidak terjadi seperti itu. “ tandasnya.

Dikatakan pula, untuk mengantisipasi krisis air,  proses penetapan sumur resapan akan ditertibkan agar tidak ada lagi sumur resapan liar tetapi akan teratur. (08)

Pos terkait