UN Online Batal Karena Fasilitas Penunjang CBT Belum Terpenuhi

  • Whatsapp
Ambon, Maluku Post.com- Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) di Maluku masih terhambat karena persoalan jaringan internet, wilayah kepulauan yang luas dan kelengkapan komputer yang belum memadai juga merupakan beberapa faktor yang perlu dibenahi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Saleh Thio
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Saleh Thio
Ambon, Maluku Post.com– Ujian Nasional (UN) dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT) di Maluku masih terhambat karena persoalan jaringan internet, wilayah kepulauan yang luas dan kelengkapan komputer yang belum memadai juga merupakan beberapa faktor yang perlu dibenahi. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Maluku, Saleh Thio di Ambon, Senin (13/4).

Dijelaskan Thio, Berdasarkan hasil inventarisir dan evaluasi secara keseluruhan kelengkapan terhadap komputer belum terpenuhi, bahkan setelah dilakukan uji coba terlihat koneksi jaringan internet yang buruk menghambat proses komputerisasi tersebut dan selain itu para siswa juga dianggap belum begitu siap menggunakan komputer.

Menurut Thio, sebanyak 369 sekolah yang penyebarannya pada 11 kabupaten/kota sehingga memang tidak semua bisa terlayani secara baik mengenai jaringan internetnya selain itu letak geografis daerah yang tidak mendukung pula.

“Inilah beberapa hal yang menjadi pertimbangan kami dalam tahun ini tidak melaksanakan Ujian Nasional dengan pola CBT.” tegasnya. (08)

Pos terkait