UKIM Turunkan Mahasiswa KKN Ke Tiga Desa Di Kecamatan Baguala

  • Whatsapp
Mahasiswa KKN UKIM

Ambon, MalukuPost.com – Univeristas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) menurunkan sebanyak 24 mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tiga desa di Kecamatan Baguala, masing-masing di Desa Passo, Desa Waiheru dan Desa Negeri Lama.

Berdasarakan release yang diterima media ini, Senin (16/11) menyebutkan sebanyak 24 mahasiswa KKN Angkatan 50 Tahun 2020 itu akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat selama 1,5 bulan dengan dikoordinir oleh tiga instruktur, yakni Selfina Embuan yang mendampingin mahasiswa KKN di Desa Passo, Wilma Mamuly di Desa Waiheru dan Stenly Salenussa di Desa Negeri Lama.

Di Desa Passo, Instruktur Embuan bersama para mahasiswa KKN itu melaksanakan beberapa program mereka, yakni sosialisasi Covid-19 seperti cara mencuci tangan dan pembuatan hand sanitizer untuk anak dan remaja dan pemeriksaan kesehatan pada lansia, pembagian hand sanitizer serta masker kepada lansia, supir angkot dan staf KPN Passo.

Sedangkan di Desa Waiheru, mahasiswa KKN UKIM yang didampingi Instrukturnya Wilma Mamuly juga melakukan beberapa kegiatan, diantaranya pemberian sarana kebersiahan berupa kran dan tempat cuci tangan serta sabun cuci tangan dan spanduk edukasi pencegahan Covid-19. Kegiatanya lainnya, aitu pembagian Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker dan hand sanitizer kepada warga. Juga memberikan sosialisasi pada masyarakat tentang pentinggnya PHBS dalam rumah tangga.

“Kegiatan lain juga yang mahasiswa KKN UKIM lakukan di Desa Wiheru selama 1,5 bulan itu mencakup sosialisasi tentang pentingnya personal higyne, sosialisasi tentang kanker payudara dan sosialisasi tentang bahaya merokok,” ungkap Mamuly.

Kegiatan-kegiatan serupa juga dilakukan oleh mahasiswa KKN UKIM di Desa Negeri Lama yang dikomandoi Stenly Salenussa selaku Instrukturnya. Menurut Salenussa, sejumlah kegiatan itu berupa sosialisasi tentang PHBS bagi siswa Katekisasi dan masyarakat, pemeriksaan kesehatan bagi lansia dan remaja hingga senam lansia.

Dijelasakan Selenusa, terkait dengan pencegahan Covid-19 dan cara hidup baru pada masa pandemi ini, para mahasiswanya juga melakukan pembagian masker dan hand sanitizer bagi lansia, siswa kategetsasi, remaja dan pegawai Kantor Desa Negeri Lama sampai pada pemasasangan spanduk kawasan waijb masker di sembilan RT setempat.

“Antusiame masyarakat sangat tinggi sekali dengan kehadirin mahasiswa KKN UKIM ini. Hal ini ditunjukan dengan keterlibatan dan partisipasi masyarakat maupun staf Pemerintah Desa melalui dukungan terhadap program kerja yang dilaksanakan,” ungkapnya.(**)

Pos terkait