512 Nakes Di Kota Tual Siap Untuk Dilakukan Vaksinasi

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual dr. Martin Tinjojoi mengatakan, dalam waktu dekat akan dilakukan Vaksinasi kepada 512, Nakes (Tenaga Kesehatan) yang berada di daerah setempat.

“Sesuai administrasi teknis, data telah kami kirimkan sebanyak 512 Nakes akan di Vaksinasi, sehingga jumlah dosis juga didapatkan sesuai dengan banyaknya Nakes tersebut,” ujarnya di Tual (11/01/2021)

Dikatakan, dalam mempersiapkan proses vaksinasi tersebut, semuanya telah disiapkan, baik penyiapan Fasilitas Kesehatan (Faskes) maupun dilakukan pelatihan bagi tenaga Vaksinator.

“Semuanya telah di siapkan, tinggal menunggu jadwal Pelaksanaan saja, dari Dinas Kesehatan Provinsi Maluku,” katanya

Dijelaskan, untuk Kota Tual dalam melakukan Vaksinasi di tahapan awal sesuai juknis hanya diperuntukkan kepada tenaga Kesehatan, kemudian TNI Polri dan pekerja pabrik hal tersebut berlangsung sampai pada bulan April nanti sebelum di lakukan vaksinasi bagi Masyarakat secara umum.

“Ada empat tahapan yang nanti dilalui dalam melakukan Vaksinasi, dari pendaftaran, skrining, administrasi, dan proses Vaksinasi, sehingga pada nantinya Nakes yang telah mendapatkan notifikasi atau dinyatakan sehatlah wajib untuk ikut vaksinasi ” ucapnya

Ditambahkan, di Kota Tual ada delapan belas (18) Faskes yang telah disiapkan untuk melakukan Vaksinasi antara lain, 15 puskesmas pada wilayah pulau-pulau dua klinik yaitu angkatan laut dan kepolisian ditambah RSUD Maren.

Dia juga Berharap, kepada semua elemen masyarakat kota tual, dapat mendukung kegiatan vaksinasi secara nasional tersebut, kerana yang dapat memutuskan mata rantai penyebaran Virus Covid-19, ini adalah dengan melakukan Vaksinasi.

“Setalah dilakukan Vaksinasi, diharapkan tetap melaksanakan protap kesehatan baik mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, bahkan tetap akan dilakukan 3T, Treting, Tesmin,  tretmen,” pungkasnya

Pos terkait