PMKRI Saumlaki Gelar Gerakan Seribu Masker Dan Seruan Aksi Cegah Covid-19

  • Whatsapp

Saumlaki, MalukuPost.com – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Saumlaki Santus Vincens’ de Paul periode 2020/2022 melakukan kampanye protokol kesehatan dan seruan aksi bagi masyarakat di Saumlaki, kabupaten Kepulauan Tanimbar, Jumat (2/7/2021).

Berdasarkan pantauan media ini, kampanye protokol kesehatan dan seruan aksi PMKRI itu dilakukan di tiga lokasi yakni pasar Saumlaki, di depan Puskesmas Saumlaki, dan pasar Omele.

Kampanye protokol kesehatan tersebut dilakukan dengan cara bagi-bagi masker kepada masyarakat yang sedang beraktivitas di jalan dan di pasar namun tidak menggunakan masker.

Selain itu, sejumlah presidium PMKRI menyuarakan pesan-pesan dalam seruan aksi mengajak masyarakat untuk patuh terhadap protokol kesehatan, dan menerapkan 4M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Redemtor Reressy, Ketua Presidium PMKRI Cabang Saumlaki saat berorasi di pasar Omele menyatakan dalam masa pandemi maka jaga jarak harus diterapkan dan tidak bersentuhan fisik seperti berjabat tangan, dan berbicara dalam jarak dekat.

“Menjaga jarak di tempat kerja, dan di tempat umum seperti sarana transportasi, pasar harus dilakukan. Mengingat penularan dapat terjadi melalui percikan air dari mulut atau hidung saat seseorang yang mengidap virus Covid -19,” tandasnya.

Redemtor katakan, aksi tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya pandemi Covid-19.

“Selain itu, aksi ini dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah, khususnya pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Tanimbar yang saat ini sedang melakukan vaksinasi bagi masyarakat” ungkapnya.

Menurut Reresy, pandemi Covid-19 belum bisa dipastikan kapan akan berakhir sehingga dibutuhkan sinergitas yang kuat untuk bersama-sama mencegah dan memutus rantai penyebarannya.

“Sebagai elemen pemuda di Tanimbar, kami merasa terpanggil untuk melakukan aksi serupa karena kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan masih kurang” katanya.

Redemtor yang didampingi tiga orang Presidium Harian Cabang (PHC) serta puluhan anggota PMKRI Cabang Saumlaki itu membagi 1.000 buah masker dan mengajak semua pihak untuk menjalankan 4M dan mendukung pemerintah daerah kabupaten Kepulauan Tanimbar dibawah kepemimpinan Bupati Petrus Fatlolon yang sedang gencar melakukan berbagai langkah untuk mencegah Covid-19.

“Cara ini akan menjadi penentu keberhasilan dalam mengakhiri Covid-19 di Indonesia” pungkasnya.

Pos terkait