Lomba Layangan Hias Warnai Rangkaian Kegiatan FPMK Maluku Tenggara 2021

  • Whatsapp
Lomba Layangan Hias dalam rangka Festival Pesona Meti Kei (FPMK) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 2021, di lokasi wisata Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi (Desa) Ohoililir, Minggu (24/10/2021).

Langgur, MalukuPost.com – Lomba layangan hias yang dilaksanakan dalam rangka Festival Pesona Meti Kei (FPMK) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) 2021, dipusatkan di lokasi wisata Pantai Ngur Sarnadan, Ohoi (Desa) Ohoililir, Minggu (24/10/2021).

Informasi dari panitia pelaksana lomba yang berhasil dihimpun Malukupost.com, sebanyak 64 peserta yang terdiri dari 27 anak-anak dan 37 orang dewasa tersebut turut ambil bagian dalam lomba dimaksud.

Layangan hias yang ditampilkan para peserta lomba, dirangkai dari kertas, parasut dan kertas warna-warni dan dibuat dalam berbagai bentuk.

Layangan yang sudah disiapkan oleh para peserta tersebut kemudian diterbangkan menghiasi angkasa untuk dinilai dewan juri.

Ketua dewan juri lomba Budhi Toffi megungkapkan, untuk meraih juara, para peserta harus memenuhi lima kriteria, yakni keseimbangan terbang, kestabilan terbang, kreasi, best performance, dan manuver.

“Mereka (peserta) diberi waktu 20 menit. Pada menit 0-5 kita nilai cara menaikan, menit 10-15 kita lihat ketahanan, menit 15-20 manuver,” katanya.

Diungkapkannya, meskipun angin yang bertiup kurang kencang dan rintik hujan menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta.

“Tidak sedikit yang gagal menerbangkan layangannya, namun banyak pula layangan yang berhasil diterbangkan sampai kehabisan benang. Sebagian besar bertahan sampai akhir. Itu rata-rata berbahan parasut dan plastik,” tandasnya.

Usai perlombaan, dilakukan penyerahan penghargaan berupa uang tunai kepada enam pemenang untuk kategori anak dan enam untuk kategori dewasa.

 

Pos terkait