Gonga: KMP Aru Maju 01 dan 02 Momentum Pertama Tapi Bukan Yang Terakhir

Pasuruan, MalukuPost.com – Bupati Kepulauan Aru, Johan Gonga mengapresiasi dan menyambut baik inisiasi Dinas Perhubungan Kabupaten setempat dalam mengimplementasikan pencapaian visi dan misi pemerintah daerah masa bakti 2021-2026.

“Karakteristik wilayah kami di Kabupaten Kepulauan Aru, terdiri dari 547 buah pulau, 8 diantaranya adalah pulau kecil terluar, sekaligus beranda depan NKRI,” ujarnya di Pasuruan pada acara Keel Laying (Peletakan Lunas) Pembangunan KMP Aru Maju 01 dan 02, Kamis (23/04/2022).

Menurut Gonga, infrastruktur jalan masih belum dapat menghubungkan 89 buah pulau berpenghuni, yang secara administrative terdiri dari 10 kecamatan dan 119 desa/kelurahan. Kondisi itu telah memberikan dampak bagi akselerasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Sebelum kami menjabat sebagai Bupati di periode I masa pengabdian kami di Tahun 2016-2021, belum ada sarana transportasi reguler yang menghubungkan antara desa ke kecamatan, maupun kecamatan ke ibukota kabupaten,” ungkapnya.

Dijelaskan Gonga, menyikapi kondisi tersebut, maka isu perhubungan menjadi salah satu main stream dalam penyusunan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Aru, dan hal itu diimplementasikan secara baik oleh Dinas Perhubungan dengan memulai penyediaan transportasi reguler yang menggunakan kapal milik Pemerintah Daerah, sehingga dapat menghubungkan 51 titik singgah.

“Secara prosentase, memang masih sangat jauh dari memadai, sehingga perlu adanya terobosan maupun lompatan-lompatan strategis, untuk dapat memenuhi kebutuhan sarana transportasi yang aman, handal dan bermartabat, yang pada gilirannya akan memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Gonga menandaskan, momentum keel laying itu sangat diapresiasi, dengan harapan agar pembangunan KMP. Aru Maju 01 dan KMP. Aru Maju 02 ini dapat dituntaskan sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam kontrak, dan pada akhirnya dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Pembangunan Bus Air Roro ini adalah momentum pertama tapi bukan yang terakhir, sebagai bagian dari komitmen saya selaku Bupati Kepulauan Aru, untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Bumi Mutiara Indah-Cendrawasih Lestari yang tercinta,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, Keel laying Pembangunan KMP. Aru Maju 01 dan KMP. Aru Maju 02 menggunakan sumber anggaran DAK Penugasan Bidang Transportasi Perairan dari Kementerian Perhubungan Tahun Anggaran 2022.

KMP Aru Maju 01 dan 02 menggunakan konstruksi Katamaran dengan material Aluminium.

Daya muat penumpang kapal tersebut yakni sebanyak 122 orang tanpa kendaraan dan sebanyak 88 orang penumpang dengan kendaraan minibus.

Rute kapal tersebutk yakni Dobo-benjina dan Dobo-Lamerang.

Pos terkait