Wakajati Maluku: Kejaksaan Lakukan Pendampingan Pengelolaan Anggaran Desa

  • Whatsapp
Kejaksaan Maluku
Wakajati Maluku, Undang Mugopal

Ambon, MalukuPost.com – Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Maluku, Undang Mugopal, menyatakan dalam pengelolaan dana desa, pihaknya ikut melakukan pendampingan terhadap anggaran yang dikucurkan.

“Dengan maksud penggunaan anggaran dana desa tepat sasaran, tepat mutu dan tidak ada penyimpangan. Aparat kejaksaan tidak boleh terlibat pembangunan yang dibiayai dana desa, hanya mengawasi, sehingga dana desa tidak ada penyimpangan,” ujarnya di Ambon, Kamis (01/10).

Undang katakan, jika ditemukan ada pengaduan dari masyarakat terkait penyimpangan dana desa maka sekecil apapun harus ditindaklanjuti ke APIP.

“Nanti APIP yang menganalisasi dan memeriksa. Hasilnya APIP melaporkan kepada kita,”ungkapnya.

Dijelaskan Undang, jika dari pengaduan dan melihat sendiri ada niat jahat untuk penggelapan dana desa dan kerugian negara, maka langsung ditindaklanjuti, tidak perlu melalui APIP. Dirinya mengaku ada kasus yang ditangani kejaksanaan selama lima tahun penggunaan anggaran dana desa.

“Hampir semua, tapi 90 persen melalui APIP, ada juga yang masuk ke penyedikan. Jadi ada yang diserahkan ke APIP, ada juga yang langsung ditangani kejaksaan,” pungkasnya.

Pos terkait