KM Tidar Kandas Di Perairan Namlea, 587 Penumpang Dievakuasi

  • Whatsapp
KM Tidar Kandas di Depan Pelabuhan Namlea

Ambon, MalukuPost.com – KM.Tidar yang mengangkut 597 orang kandas di sekitar perairan pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru.

Penata Urusan (Paur) Humas Polres Buru, Aipda M.Y.S Jamaludin, dikonfirmasi, di Namlea, Senin (26/07/2021) membenarkan insiden kandasnya kapal milik PT Pelni yang ingin bertolak dari pelabuhan Namlea menuju pelabuhan Yos Sudarso, Kota Ambon.

“Peristiwa ini terjadi Senin 26 Juli sekitar pukul 12.00 WIT, saat olah gerak beberapa meter dari dermaga tepatnya di sisi sebelah barat, karena faktor dorongan angin haluan depan kapal menyentuh opstakel di laut mengakibatkan kapal kandas, dan tidak bisa melakukan Manuver,”ungkapnya.

Jamaludin katakan, saat kandas KM. Tidar sementara mengakut 587 penumpang, terdiri 46 penumpang yang baru naik dari Pelabuhan Namlea dan 541 penumpang lanjutan.

“Tindaklanjut dari peristiwa ini, PT. Pelni selaku agen kapal dan KSOP sampai saat ini masih melakukan koordinasi dengan potensi SAR untuk melakukan upaya penyelematan Kapal,” ujarnya.

Jamaludin menandaskan, terhadap 587 penumpang kapal telah dievakuasi ke darat dimulai sejak pukul 16:30 WIT atau dua jam pasca kapal kandas.

“Sampai saat ini proses evakuasi masih berjalan. Penumpang dievakuasi ke ruang tunggu pelabuhan Namlea,”pungkasnya sembari menambahkan, setelah melakukan evakuasi penumpang, akan dilanjutkan dengan proses penarikan kapal.

Pos terkait