BPJS Ketenagakerjaan Gelar Focus Group Discussion Dengan Pemkot Tual

  • Whatsapp

Tual, Malukupost.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Tual, menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan Pemerintah kota (Pemkot) Tual di Balai Kota setempat Selasa (16/11/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Tual Ahmad Yani Renuat, para asisten dan staf ahli, serta Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tual dan jajaran.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan cabang Tual Saleh Afif menyatakan, kegiatan FGD tersebut untuk menindaklanjuti Permendagri nomor 27 tahun 2021 dan,

Surat Edaran Kemendagri nomor 842.2/5193/SJ tentang implementasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di pemerintah daerah.

“Inti daripada kegiatan ini adalah meminta komitmen dari pemerintah kota untuk mengajukan berapa kemampuan Kota Tual melindungi non-ASN di tahun 2022,” ujarnya

Afif menegaskan, dalam Permendagri 27 sudah sangat jelas bahwa tahun 2022, seluruh pekerja non-ASN dan,

Pekerja rentan wajib didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Iuran bulanan para pekerja tersebut dibebankan pada APBD.

Lanjutnya, BPJS Ketenagakerjaan, bertugas mengawal sejauh mana keseriusan Pemerintah Kota Tual menganggarkan jaminan sosial tersebut.

“Apabila pemerintah kabupaten/kota tidak menganggarkan maka otomatis kami berkewajiban melaporkan ke Kementerian Dalam Negeri,” urainya

Sekedar untuk diketahui dalam waktu dekat, Kemendagri akan melakukan asistensi terkait hal tersebut.

Pos terkait