Ditangan Orang Yang Tepat, Ohoi Ngilngof Kini Jadi Pilihan PT Astra Internasional

IMG20231128095710 3 scaled
Diri kiri ke kanan : Ronaldus Tethool, S.Sos, M.Si (Local Champion KBA Ngilngof); Andeas Resubun (Penjabat Kepala Ohoi Ngilngof), Damianus Resubun (Kepala SD Naskat Don Bosco Ngilngof) bersama para orang tua murid penerima bantuan beasiswa.

Langgur, MalukuPost.com – Ohoi (desa) Ngilngof memang benar-benar terberkati. Hal tersebut bukan isapan jempol semata namun berdasarkan data.

Ohoi Ngilngof di Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) pernah meraih juara pertama (I) kategori desa wisata maju terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Saat itu, ohoi Ngilngof berada diurutan pertama dan berhasil membawa pulang trophy dan uang pembinaan senilai Rp. 40 juta.

Ohoi Ngilngof terkenal dengan pantai Ngurbloat dengan pasir terhalus mengungguli Desa Wisata Dieng Kulon di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah yang menjadi Runner-up atau juara II dan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan Kabupaten Bantul Yogyakarta sebagai juara III.

Kebesaran dan ketenaran ohoi Ngilngof terus merambah hingga dunia internasional karena didukung dengan pantai Ngurbloatnya.

ohoi ngilngof
Ohoi Ngilngof meraih juara pertama (I) kategori desa wisata maju terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2021.

Tidak hanya unggul dalam penataan desa wisata, saat ini ohoi Ngilngof pun dilirik perusahaan bonafit sekelas Astra International.

Diketahui, PT Astra International Tbk didirikan di Jakarta pada tahun 1957 sebagai sebuah perusahaan perdagangan umum dengan nama Astra International Inc. Pada tahun 1990, telah dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, dalam rangka penawaran umum perdana saham Perseroan kepada masyarakat, yang dilanjutkan dengan pencatatan saham Perseroan di Bursa Efek Indonesia dengan menggunakan ticker ASII. Nilai kapitalisasi pasar Astra pada akhir tahun 2021 adalah sebesar Rp231 triliun.

Sesuai anggaran dasar Perseroan, kegiatan usaha yang dapat dijalankan oleh Perusahaan mencakup perdagangan umum, perindustrian, pertambangan, pengangkutan, pertanian, pembangunan, jasa dan konsultasi.

Hingga tahun 2022, Astra telah mengembangkan bisnisnya dengan menerapkan model bisnis yang berbasis sinergi dan terdiversifikasi pada tujuh segmen usaha, terdiri dari otomotif, jasa keuangan, alat berat (pertambangan, konstruksi & energi), agribisnis, infrastruktur dan logistik, teknologi informasi hingga properti.

PT Astra Internasional Beri Bantuan Pendidikan Kepada Siswa SD Ohoi Ngilngof Yang Kurang Mampu

Ohoi/Desa Ngilngof yang terletak di Kecamatan Manyeuw Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) Provinsi Maluku adalah satu dari lima desa di Indonesia yang lolos program super prioritas Astra Internasional.

Lewat program Kampung Berseri Astra (KBA), Ngilngof mendapat bantuan pendidikan berupa beasiswa bagi 10 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD).

Saat ditemui awak media di ruang kerjanya, Selasa (28/11/2023), Kepala SD Naskat Don Bosco Ngilngof Damianus Resubun membenarkannya.

Ia menjelaskan, beasiswa antuan pendidikan untuk siswa kelas 1 hingga 6 tersebut diprioritaskan bagi siswa kurang mampu yang berprestasi.

Siswa yang orang tuanya sebagai ASN meskipun berprestasi tidak berhak atas bantuan pendidi9kan tersebut.

“Penerima beasiswa dari kelas 1 dan kelas 6 berjumlah masing-masing satu orang. Sementara kelas 2 sampai kelas 5 berjumlah masing-masing dua orang. Dengan demikian, total ada 10 penerima beasiswa,” kata Damianus.

“Contoh untuk kelas 4, (ada siswa yang) juara 1 tapi ibunya ASN. Jadi beasiswa diberikan kepada yang juara 2 dan juara 3,” katanya menambahkan.

Kepada orangtua murid, Damianus menekankan penggunaan beasiswa dipiroritaskan untuk pengadaan kelengkapan pendidikan dan pemenuhan gizi siswa.

Pada kesempatan itu pula hadir para orangtua murid penerima beasiswa yang diinisiasi oleh Ronald Tehool selaku Local Champion KBA Ngilngof (sebutan bagi pemenang program KBA).

Sebagai local champion, Ronald bertanggungjawab atas seluruh program Astra Internasional yang masuk di Ohoi Ngilngof, termasuk beasiswa ini

Sementara itu, Penjabat Kepala Ohoi Ngilngof Andreas Resubun yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengungkapkan awal-mula beasiswa hingga perkembangan penyaluran beasiswa.

Resubun mengungkapkan, sepanjang sejarah pendidikan di Ngilngof, baru pernah beasiswa diberikan kepada siswa, selama menempuh pendidikan di SD sampai perguruan tinggi.

Bantuan itu, lanjut Resubun, tidak serta merta melepas tanggungjawab orangtua terhadap anak di bidang pendidikan. Tetapi, beasiswa ini menjadi tantangan bagi orangtua dan anak untuk tetap mempertahankan dan meningkatkan prestasi anak.

“Sebab, beasiswa itu bisa jadi pindah ke siswa yang lain apabila penerima yang saat ini mengalami kemunduran di sekolah,” tandasnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih pihak PT Astra Internasional yang telah menaruh perhatian penuh akan bantuan pendidikan kepada siswa-siswi SD di ohoi Ngilngof.

Siapa itu Ronald Tethool ?

Ungkapan the rigth man on the right place pantas dan layak diberikan kepada Ronald Tethool.

Sosok muda penuh kharisma ini telah mewakafkan diri dan kehidupannya untuk memajukan pariwisata di Kepulauan Kei.

Dari tangannyalah kemegahan, keindahan dan kejayaan pariwisata Kepulauan Kei khususnya pantai Ngurbloat dan Desa Wisata Ngilngof diakui dunia internasional.

Bukan itu saja, lewat sentuhannyalah predikat Desa Wisata Terbaik versi ADWI 2021 diraih ohoi Ngilngof.

Terkait bantuan beasiswa Astra Internasuional, Local Champion KBA Ngilngof Ronald Tethool menjelaskan asal mula bantuan karena prestasi Ngilngof masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Lewat seleksi ketat terhadap ratusan desa wisata, Ngilngof akhirnya masuk lima besar program super prioritas Astra Internasional.

Dalam program tersebut, ada empat pilar yang menjadi fokus pengembangan, yakni pilar pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan kewirausahaan.

Selama 3-5 tahun kedepan, Astra Internasional akan mendampingi Ohoi Ngilngof untuk pengembangan empat pilar tersebut.

Ia menambahkan, selain beasiswa, pekan depan akan ada bantuan lain dari Astra kepada siswa SD Naskat Don Bosco Ngilngof.

“Hari Senin nanti ada bantuan lagi untuk anak-anak SD ini yang berprestasi. Bantuan kepada anak lain yang bukan penerima beasiswa saat ini,” ungkap Ronald.

Pos terkait