292 Karyawan PT Tamina Demo Lantaran Gaji Tak Dibayar

  • Whatsapp
Ambon, malukupost.com- Ratusan karyawan PT Tamina melakukan unjuk rasa di depan kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinaketrans) Maluku, Kamis (12/3). Aksi demostransi ini dilakukan, lantaran gaji 292 karyawan belum dibayar oleh PT Tamina.

Demosntrasi ini berlangsung tegang, karena ada sebagian karyawan yang mengamuk di depan kantor Disnaketrans. Amukan karyawan ini rendam, saat Kepala Dinas (Kadis) Naketrans mempersilahkan perwakilan karyawan masuk untuk membicarakan hal ini. dalam pertemuan tersebut, Kadisnaketrans juga memanggil pihak dari PT Tamina untuk mencari solusi terkait tunggakan gaji karyawan.

Usai melakukan rapat bersama dengan pihak PT Tamina, dan perwakilan karyawan, Kepala Disnaketrans Maluku Ahdar Sopalatu kepada wartawan mengatakan tidak dibayarnya gaji karyawan oleh PT Tamina difaktorkan karena penertiban Peraturan Menteri (Permen) kelautan dan perikanan nomor 2 Tahun 2015 yang melarang penggunaan alat tangkap ikan pukat hela (trawls) dan pukat tarik, yang mengakibatkan perusahaan tidak beroperasi dan berdampak pada gaji karyawan

“Tunggakan gaji karyawan ini, mulai dari November 2014. Namun dari hasil konsolidasi dengan pihak perusahaan, ternyata gaji karyawan sudah dibayar dari bulan November 2014 sampai Januari 2015, tinggal Febuari yang belum dibayar,”ujar

Dijelaskan Sopalatu, dari hasil mediasi, pihak perusahaan sudah bersedia untuk membayar gaji karyawan. Dan setelah dibayar, 292 tersebut langsung di PHK, karena perusahaan tidak lagi beroperasi.

“Yang pastinya perusahaan siap membayar,”ucapnya.

Menurut Sopalatu, persoalan ini bukan hanya terjadi di Ambon, namun juga di beberapa kabupaten/kota lainnya, salah satunya Kabupaten Maluku Tenggara yang memiliki 500 karyawan.

Menindaklanjuti hal Permen tersebut, Sopalatu katakan pihaknya akan membicarakan dengan Gubernur Maluku, untuk menyurati Menteri kelautan dan perikanan untuk meninjau kembali Permen dimaksud, karena hal ini sangat merugikan masyarakat Maluku.  (07)

Pos terkait