Pemkot Ambon Gelar Pra Musrembang RKPD 2016

  • Whatsapp
Anthony Gustaf Latuheru
Anthony Gustaf Latuheru
Ambon, malukupost.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Ambon tahun 2016.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyatakan perencanaan pembangunan daerah tahun 2016 didahului dengan Musrenbang tingkat desa, negeri dan kelurahan, serta kecamatan.

“Perencanaan pembangunan dilakukan sebagai upaya menjamin sinergitas pembangunan di Kota Ambon, sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2011-2016.” katanya di Ambon, Kamis.

Menurut dia, visi dan harapan Kota Ambon diwujudkan melalui prioritas pembangunan tahun 2016, yakni penataan birokrasi dan peningktan profesionalisme dalam pelayanan publik, peningkatan kualitas SDM melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan.

Selain itu juga peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan infrastruktur, dalam upaya menata dan membenahi kota sesuai fungsi dan peruntukan, penataan dan peningkatan lingkungan lestari berbasis partisipatif dan kolaboratif dan peningkatan perekonomian daerah yang berbasis pada ekonomi kerakyatan dan potensi daerah.

“Tahun 2016, merupakan tahun terakhir dalam tahapan RPJM Kota Ambon 2011-2016. Apa yang telah kita capai selama ini menjadi pembelanjaran, sekaligus bahan evaluasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di kota ini,” katanya.

Anthony mengatakan, tahun 2015 pertama kalinya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon mencapai angka Rp1 Triliun.

Meskipun demikian, lanjutnya, disadari peningkatan anggaran belum memberikan kontribusi yang sepadan bagi peningkatan komponen belanja langsung pembangunan kepada masyarakat.

“Belanja langsung APBD Kota Ambon tahun 2015, mencapai kisaran 31%, dan perlu terus ditingkatkan lagi di tahun mendatang,” tandasnya.

Diakuinya, pembangunan di Kota Ambon merupakan kewajiban Pemerintah Kota Ambon. Karena itu, sudah saatnya mulai dipikirkan sumber-sumber pendanaan pembangunan lain.

“Seperti swadaya masyarakat, peran swasta, lembaga swadaya masyarakat dan kerja sama dengan pihak lain termasuk optimalisasi dana bantuan sosial,” ujarnya.

Anthony menyatakan, kegiatan pra Musrembang pihaknya akan dibekali dengan kondisi makro ekonomi dan sosial Kota Ambon, sebagai pijakan perencanaan tahun 2016.

Pada pra musrenbang ini juga akan dipaparkan rancangan awal RKPD Kota Ambon tahun 2016, sebagai dasar penentuan arah dan kebijakan pembangunan tahun 2016.

“Saya berharap, pada forum Pra Musrenbang ini, akan dilakukan juga penjaman, sinkronisasi dan integritas hasil Musrenbang Kecamatan, dengan rencana kerja (renja) SKPD serta RPJM Kota Ambon tahun 2011-2016, yang dituangkan ke dalam rancangan awal RKPD Kota Ambon tahun 2016,” katanya.(ant/MP)

Pos terkait