Polisi Ringkus Tiga Pelaku Curanmor di Ambon

  • Whatsapp
Pelaku Curanmor di Ambon
Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang ditangkap Polresta PP Ambon dan Pulau Lease

Ambon, Malukupost.com – Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Pol Leo Surya menyatakan tiga pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) diringkus anggotanya di Kawasan Desa Tulehu, Kabupaten Maluku Tengah

“Tiga pelaku berhasil kami amankan beserta lima unit sepeda motor sebagai barang bukti,” ujarnya di Ambon, Rabu (5/2/2020).

Simatupang katakan, penangkapan dilakukan berdasarkan kejadian kehilangan kendaraan bermotor yang kerap terjadi di wilayah hukum Polresta Ambon. dan dari pengembangan diketahui identitas tiga pelaku yang masuk dalam sindikat curanmor. Mereka masing masing adalah AM, GT dan IL.

“Diketahui para pelaku ini beraksi di 9 TKP, dengan menggasak 9 sepeda motor. Saat ini 3 pelaku sudah kita amankan denagn 5 barang bukti, sementara 4 barang bukti lainnya sementara didatangkan dari kabupaten Maluku Tengah,” ungkapnya.

Dijelaskan Simatupang, saat proses penangkapan pelaku AM berusaha melawan dan mencoba melarikan diri, sehingga polisi terpaksa melumpuhkan pelaku dengan tembakan yang mengenai kaki pelaku.

“Motif yang dilakukan para pelaku yakni dengan menyasar sepeda motor yang tidak dikunci stangnya, selanjutnya kendaraan tersebut didorong keluar dari tempat parkir awal kemudian pelaku merusak kabel untuk menyalakan mesin kendaraan,” bebernya.

Diungkapkan Simatupang, Dalam aksi tersebut para pelaku mempunyai peran masing masing, AM dan GT sebagai pelaku utama atau eksekutor sementara IL sebagai penadah. AM dan GT adalah pelaku utama yang juga residivis, kendaraan hasil curian dijual kembali kepada penadah IL dengan harga 3-4 juta/unit, kemudian penadah kembali menjual kendaraan tersebut dengan harga lebih tinggi.

“Selain AM, GT dan IL, polisi juga memburu satu pelaku lainnya yakni SM. Pelaku SM ini diketahui turut berperan dalam sejumlah aksi yang dilakukan, hasil pengembangan muncul satu nama yang masuk dalam komplotan ini, saat ini kami sementara melacak keberadaan pelaku ini,” tandasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, ketiga pelaku kini ditahan di rumah tahanan Polresta Ambon dan telah ditetapkan sebagai tersangka.

Ketiga pelaku ini dikenai pasal 363 ayat (1) tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara.

Pos terkait