Tiga Tahun Berkarya, KAK5 Luncurkan Lagu Baru “Cinta Pertama”

  • Whatsapp
Personil KAK5 dari kiri ke kanan Gideon Beffers, Margi Sipahelut, Figgy Papilaya, Marionie Serhalawan, dan Falantino Latupapua. (foto kak5)
Personil KAK5 dari kiri ke kanan Gideon Beffers, Margi Sipahelut, Figgy Papilaya, Marionie Serhalawan, dan Falantino Latupapua. (foto kak5)

Laporan Rudi Fofid-Langgur

Malukupost.com – Grup musik asal Kota Ambon, KAK5, merilis lagu baru ciptaan sendiri.  Lagu berjudul Cinta Pertama diluncurkan pada akun youtube KAK5 Official, hari ini, Selasa (25/5) pukul 06.00 pagi. Baru beberapa jam, lagu tersebut sudah ditonton lebih 5.500 kali.

Dalam rilisnya, KAK5 menjelaskan, lagu Cinta Pertama diluncurkan bertepatan dengan momen tiga tahun berkarya sebagai grup.  KAKS dimotori Figgy Papilaya sebagai penata musik dan vokal, Marionie Serhalawan, Margi Sipahelut, Falantino Latupapua, dan Gideon Beffers.

Peluncuran lagu Cinta Pertama tersebut, telah menambah banyak koleksi lagu yang dinyanyikan KAK5.  Sebelumnya, pada tahun 2020 KAK5 meluncurkan lagu Pasti Bisa serta menginisiasi Ambon Insight yang mendaur ulang dua lagu, yakni Imagine (John Lennon) dan Terpesona (Glenn Fredly).  Kali ini KAK5 mengemas lagu Cinta Pertama yang liriknya dirangkai dalam bahasa Melayu Ambon setelah Ale Pilih Dia yang diproduksi pada tahun 2019.

Lagu Cinta Pertama masih bergenre pop, dengan alur melodi yang ringan dan mudah disenandungkan. Berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya, aransemen musik  dan vokal dibuat lebih sederhana dan minimalis namun dengan  jalinan pesan dalam lirik yang kuat.

Pada bagian-bagian liriknya, KAK5 mengeksplorasi beberapa ungkapan klasik dalam bahasa Melayu Ambon sebagai sarana untuk mengingatkan generasi milenial tentang nilai-nilai kasih sayang dalam keluarga secara universal.

“Lagu ini bukan saja sebagai bentuk perayaan tiga tahun kami mewarnai musik Indonesia dan Maluku, melainkan juga sebagai tanda terima kasih kami kepada orang tua kami, yang selalu menjadikan kami alasan untuk tekun bekerja dan khusuk berdoa”, ungkap Figgy.

Lebih lanjut, KAK5 mengharapkan agar lagu ini bisa diterima oleh khalayak dengan baik sebagai sarana perayaan cinta kasih dalam  setiap keluarga, sehingga ikatan kasih sayang dan persaudaraan menjadi semakin kuat. Pada sisi yang lain, KAK5 mengharapkan, karya ini juga bisa memotivasi para musisi Maluku untuk tetap berkarya pada masa pandemi.

“Setelah tahun lalu kami menyelenggarakan kampanye dengan hastag #20ribuuntukmusisiAmbon yang hasilnya digunakan untuk membantu para seniman Kota Ambon yang kehilangan kesempatan tampil akibat pandemi Covid-19, lagu Cinta Pertama ini kiranya menjadi penyemangat sekaligus meniupkan pesan bahwa seniman bisa tetap berkarya dan tidak boleh dibungkam oleh situasi pandemi maupun keterbatasan akses karena berbagai hal,” jelas Marionie.

Tak lupa ia berpesan bagi KAK5mate dan semua penikmat musik untuk menyaksikan video musiknya sesudah diluncurkan di kanal youtube. Selanjutnya, lagu ini dapat didengarkan pada pelantar (platform) musik digital mulai bulan Juni 2021. (malukupost/kak5)

Pos terkait